15 January 2015

Haruskah Kita Aktifkan Privacy Protection Saat Membeli Domain?

Baiklah, kita akan membeli domain baru untuk keperluan komunitas. Saat melakukan registrasi, kita selalu diberikan pilihan untuk menambah sebuah layanan yaitu 'Privacy Protection'. Harganya ada yang murah (bahkan gratis) namun ada juga yang mahal.

Lalu apakah kegunaan fitur layanan keamanan ini? Pada saat mendaftar sebuah domain, kita wajib memberikan data yang akurat seperti nama lengkap, alamat jelas, nomor telepon dan alamat email yang valid, sebagai syarat utama agar proses berjalan lancar.

Nah semua data yang kita berikan itu bisa dilihat publik dengan bebas melalui database WHOIS yang merupakan perintah dari ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sebuah organisasi yang mengatur penamaan domain seluruh dunia.

Manfaat privacy protection untuk domain.

Setiap hari data konsumen pemilik domain ini terpublikasikan dengan gencar dan menjadi sasaran para penjahat internet (spammer) dengan mencuri nomor telepon kita, mengirimkan kita email sampah dan tipuan, tak jarang banyak juga yang jadi korban.

Jika opsi perlindungan privasi ini diaktifkan, semua data kita akan disembunyikan dan diganti dengan format yang tak bisa digunakan oleh kriminal online. Jadi kita bisa merasa tenang dan terhindar dari serbuan email spam yang biasanya berisi hadiah uang abal-abal.

Tapi ini semua terserah Anda, karena sebagian penyedia domain memberikan harga yang cukup tinggi untuk layanan privacy protection ini, walau ada beberapa yang memberikan gratis seperti NameSilo dengan pilihan harga domain yang terjangkau. 
Load disqus comments

0 comments