10 February 2015

Peluang Bisnis Jual Beli Domain Bekas Masih Punya Potensi

Pernahkah Anda mendengar bisnis jual beli domain ini? Jika belum, ada baiknya Anda ketahui beberapa hal. Misalnya jika Anda punya domain bekas yang tak terpakai, kenapa tidak coba tawarkan ke berbagai forum yang membahas domain yang lebih dalam?

Namun sebelum Anda menawarkan domain, perlu Anda cek terlebih dahulu kualitas domain tersebut agar Anda tidak memberikan harga terlalu murah atau malah mahal. Yup, karena tidak semua nama laku terjual, karena ada beberapa syarat yang harus diikuti.

Salah satunya adalah usia domain itu sendiri. Semakin tua biasanya semakin mahal, karena di mata Google sebuah domain bekas yang sudah berumur dihargai seperti sebuah permata, karena dianggap sudah berkelana jauh di dunia internet yang tak berujung.

Cara mulai bisnis jual beli domain.

Kemudian PR (pagerank) juga jadi acuan para pembeli, karena semakin tinggi PR (nilai 1 - 10) harga domain akan semakin meningkat. Sistem penilaian kualitas ini dibuat oleh Google, walaupun sejak tahun 2014 silam Google tidak pernah update PR lagi.

Sekarang yang jadi perhatian adalah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang dibuat oleh MOZ (dan Google akhirnya mengacu sistem peringkat ini). Artinya semakin tinggi nilai DA dan PA (antara 1 - 100), domain Anda dianggap bermartabat.

Jumlah backlink juga jadi bahan pertimbangan. Backlink yang banyak dari berbagai situs terbaik (biasanya dari .edu dan .gov) akan membuat domain semakin kinclong di mata Google. Dan tentunya harga yang ditawarkan akan menjadi semakin tinggi.

Mau cek kualitas domain atau website? Situs HubStats bisa Anda coba.
Load disqus comments

0 comments