10 March 2015

Apakah Domain Nasional Kita .id Harus Punya Harga Mahal?

Sejak tahun 2013 sudah ada perbincangan bahwa Indonesia harus mempunyai domain nasional, dalam hal ini .id jadi pilihan utama karena unik dan singkat. Namun apakah .id bisa jadi pilihan utama masyarakat untuk digunakan dalam berbagai keperluan?

Mulai 17 Agustus 2014, domain .id resmi diluncurkan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bertepatan dengan ulang tahun Republik Indonesia ke-69. Kini Indonesia punya domain kebanggaan sebagai identitas kebangsaan di dunia maya.

Namun ternyata tidak semua masyarakat bisa memilikinya. Satu hal yang paling terlihat adalah harga yang dipatok lumayan mahal yaitu berkisar Rp. 500.000 per tahun. Harga ini bisa berbeda di setiap registrar lokal, bisa lebih tinggi atau malah rendah karena diskon.

Syarat dan ketentuan mendaftar domain .id.

Nama .id sendiri bisa digunakan untuk perusahaan, personal, organisasi atau sekolah. Dana yang perlu disiapkan memang tinggi, mengingat untuk personal pun tidak sembarang orang bisa mendaftarkan, karena banyak syarat dan ketentuannya.

Misalnya KTP/SIM/Passpor yang masih berlaku, SIUP/TDP/NPWP Perusahaan/Akta Perusahaan, Sertifikat Merk (bila domain yang didaftarkan adalah sebuah nama merk), Akta Notaris pendirian organisasi/yayasan, dan masih banyak lagi.

Walau ternyata bukan tercipta untuk semua, sang .id harus kita sambut dan bangga karena Indonesia punya nama di internet. Semoga suatu saat nanti harga menjadi lebih terjangkau. Silahkan cek di Qwords untuk daftar .id dan domain lain dengan harga spesial.
Load disqus comments

0 comments