10 October 2015

Dilema Saat Renewal Domain, Harga Dalam Rupiah Jadi Meroket!

Apakah Anda juga merasakan hal seperti judul di atas? Domain yang digunakan untuk bisnis dan sudah dikenal baik oleh pengunjung, calon konsumen dan Google (tentunya) tiba-tiba tahun ini harus renewal dengan harga yang selangit.

Yup, beberapa bulan terakhir dolar memang galak sama rupiah, sehingga (hampir) mencapai Rp 15.000 dan membuat registrar lokal kalang kabut segera 'menyesuaikan' harga dengan kurs yang berlaku di bulan yang berjalan.

Namun hal ini 75% lebih berdampak pada domain yang sangat jarang digunakan, seperti misalnya .BZ atau .WS yang saat pertama kali promo beberapa tahun lalu memang sempat promo diskon besar dan hampir seharga domain .com.

Biaya perpanjangan renewal domain paling mahal.

Lalu mengapa pebisnis menggunakan ekstensi yang tidak umum itu? Karena di samping harga yang (saat itu) murah, ingin tampil beda, dan juga alasan nama perusahaan mereka sudah umum sehingga hanya domain tersebut yang tersedia.

Sekarang dengan biaya perpanjangan domain yang meroket, pelaku bisnis online harus berpikir keras, dan sebaiknya lebih aman menggunakan domain yang standar, apalagi jika melihat domain .ID yang milik bangsa Indonesia juga sangat mahal.

Dengan kondisi finansial serba mahal seperti saat ini, membuat kita harus lebih cerdas dan berusaha lebih keras. Tetap optimis untuk menjadikan usaha kita lebih maju, dan bisa makin tepat melihat peluang yang menguntungkan banyak pihak.
Load disqus comments

0 comments