25 February 2016

Jangan Pakai Domain .ID Pada Blog Jika Anda Tak Mau Kecewa!

Memang sebuah kebanggaan jika seorang blogger menggunakan domain nasional .ID karena merasa lebih keren dan terpengaruh jargon 'Bangga Pakai .ID'. Namun di balik semua itu ternyata ada kekhawatiran pada sebagian blogger, apalagi waktu terus berjalan dan masa expired domain pun akan semakin dekat.

Program pemerintah yang membagikan sejuta domain . ID gratis dan promosi diskon luar biasa hingga 90% yang ditawarkan registrar lokal memang sangat memikat para blogger pemula yang sebagian besar pelajar. Tanpa pikir panjang mereka beli (atau daftar) untuk satu tahun dan langsung pamer di forum atau grup.

Cara mudah mendapatkan domain .ID gratis!

Entah mereka sadar atau tidak bahwa tahun depan saat expired, domain .ID harus bayar dengan harga penuh yaitu Rp 500.000 per tahun. Dengan entengnya mereka pasti akan balik lagi menggunakan blogspot gratisan dan harus memulai lagi dari awal. Keceriaan dan serunya hanya berlangsung 1 tahun dan setelah itu rasa bangga pun hilang.

Apakah perjuangan Anda selama 1 tahun sia-sia belaka? Bagi UMKM yang memang sudah menggunakan ID tentu jadi hal penting, karena untuk keperluan usaha jangka panjang. Bagi blogger profesional dan pebisnis memang harus pakai ID apalagi menyangkut perlindungan brand dan merk agar tetap eksklusif.

Nah bagi blogger remaja newbie sangatlah menyedihkan jika ngeblog pakai ID cuma setahun saja, setelah tak sanggup bayar renewal dengan harga mahal, merekapun beralih ke blogspot lagi. Jika ingin ngeblog lebih serius, mengapa tidak menabung dulu lalu membeli domain .com atau .net yang lebih terjangkau?
Load disqus comments

0 comments